Freitag, 14. Dezember 2012

comfort zone

zona nyaman. berani keluar dari zona nyaman lo?
engga? cupu.

ini bukan buat ngejatohin ato gimana. tapi buat gue, orang yang ga berani keluar dari zona nyamannya itu cupu. dia ga berani buat melakukan hal-hal di luar batas kenyamanan dia; itu cupu. orang yang kayak gitu biasanya gamau dan ga suka susah. maunya yang seneng, enak, gampang. ini bisa menyebabkan orang jadi manja. tbh, gue rada ga cocok ama orang yang manja :p


it's okay to be manja. kadang kita capek juga kan pake topeng dan harus bertindak kayak orang yang tangguh. tapi harus tau sikon lah. jangan manja setiap saat. singkatnya, jangan kasih unjuk kelemahan lo. hahahaha. nay, it's your choice. but I'm not gonna show it. well, I try not to show it :p

makin ngelantur nih omongan gue. hmm.

berani keluar dari zona nyaman bisa mengantarkan lo ke sesuatu yang mungkin ga pernah lo sangka. sesuatu itu juga, eventually, mengajarkan sesuatu yang ga akan pernah lo dapet dari pendidikan formal. dan gue yakin sesuatu itu, bagus ato buruk, pasti mewarnai hari lo, menorehkan cerita yang gabisa lo lupain, etcetc.

gue pernah ikut LDK (latihan dasar kepemimpinan). gue dan temen-temen gue dibimbing ama 1 tim yang terdiri dari 4 orang (2 cewek, 2 cowok). gue ngalamin LDK bareng tim itu dua kali, dan itu asik banget. omongan-omongan mereka berbobot dan gue akui itu sulit untuk dibantah. di LDK itu gue bener-bener ditarik keluar dari zona nyaman gue.

sebelom LDK, gue emang orang yang ga gitu manja-manja banget, tapi masih manja; hahaha. setelah LDK, gue dididik, digojlok, mental gue bener-bener diasah, gue diajarin supaya jadi orang yang ga cengeng. and I'm really thankful for those experiences which has changed my life.

di LDK itu, salah satu pembimbingnya pernah bilang ke gue, "kamu ini orangnya tegar, hebat, kuat. tapi sebenernya kamu cuma menutupi kekurangan kamu; kelemahan kamu. saya dan teman-teman saya di sini, mengerti kalau kamu tidak mau dicap lemah. makanya kamu saya hantam habis-habisan, supaya kamu bisa lebih dari yang sekarang. bukan bermaksud untuk membantu kamu bersikap pura-pura kuat, tapi saya tahu itu semua bukan apa-apa untuk kamu, dan saya tahu kamu punya kemampuan. tinggal diasah, saya yakin kamu bisa sukses. jadi, gapapa yaaa kalau kami selalu mengincar kamu."

wah gila. waktu itu gue masih bocah SMP. pikiran masih dangkal bin cetek. itu orang muji, menghina, ato iseng yak? omongannya gitu amat. dan gue bener-bener diincer terus. di semua kegiatan, gue melakukan semuanya sesuai prosedur, tapi masih aja ada yang salah. rasanya bener-bener muak dan mau nangis saking keselnya. tapi akhirnya gue sadar, ternyata ini yang mereka ajarin ke gue, biar gue makin tegar dan ga gampang nangis. dan gue bersyukur banget ata semua yang uda mereka lakukan ke gue.

gue bacot panjang lebar, intinya cuma 'jangan takut kalo lo ditarik keluar dari zona nyaman lo'. yaudah sih, itu aja. bahahahahha! semoga tulisan gue kali ini menyadarkan lo kalo lo bisa, dan ga ada hal yang ga mungkin kalo lo berani untuk mencoba.

"You are braver than you believe, stronger than you seem, and smarter than you think." -Christopher Robin (Pooh's Grand Adventure: The Search for Christopher Robin, 1997)

-calzsf

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen